Postingan

MANFAAT DAUN SENNA DAN DAUN MADU BAGI KESEHATAN

Gambar
Manfaat Dan Khasiat Daun Senna (Cassia angustifolia Vahl.)
Daun Senna
(Cassia angustifolia Vahl.)

Sinonim :
--
Familia :

Uraian :
Semak rendah, tinggi hingga 1,5 m. Daun majemuk menyirip genap (tanpa anak daun ujung), mempunyai 3-7 pasang helai, menyempit alias membulat, hijau terperinci hijau kekuningan. Bunga lengkap dan sempurna, berbilangan lima, bersimetri tunggal. Kelopak mempunyai 5 daun kelopak. Daun mahkota kuning dengan urat coklat, 5 buah, susunan sirap. Benang sari mempunyai tahap steril (staminodia). Buah elips lebar, kadang bentuk ginjal, pipih, buah masak pecah, panjang 4-7cm dengan lebar 2 cm, biji 6- 10 perbuah.
Nama Lokal :
--
Penyakit Yang Dapat Diobati :
EFEK BIOLOGI DAN FARMAKOLOGI Fraksi polisakarida daun Cassia angustifolia yg diuji dengan allogenic tumor Sarcoma-180 pada mencit, berefek positif dalam penghambatan pertumbulian Sarcoma-180. Senosida A dalam tubuh akan mengalami sebuah reaksi hidrolisis enzimatik dan reduksi oleh bakteri tumbuhan usus (Entamoeba coli) menjad…

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SENDOK BAGI PENGOBATAN

Gambar
Manfaat Dan Khasiat Daun Sendok (Plantago mayor L.)

Daun Sendok (Plantago mayor L.)

Sinonim :
= P.asiatica, Linn. = P.crenata, Blanco. = P.depressa, Willd. = P.erosa, Wall. = P.exaltata, Horn. = P.hasskarlii Decne. = P.incisa, Hassk. = P.loureiri, Roem. et Schult. = P.media, Blanco.

Familia :
Planfaginaccae

Uraian :
Daun sendok adalah gulma di perkebunan teh dan karet, alias tumbuh liar di hutan, ladang, dan halaman berumput yg agak lembap,kadang ditanam dalam pot sebagai flora obat. Tumbuhan ini bersumber dari daratan Asia dan Eropa, mampu ditemukan dari dataran rendah hingga ketinggian 3.300 m dpl. Tumbuhan obat ini tersebar luas di dunia dan sudah dikenal semenjak dahulu kala dan adalah salah satu dari 9 turnbuhan obat yg dianggap sakral di Anglo Saxon.

Terna menahun, tumbuh tegak, tinggi 15 - 20 cm. Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar. Bentuk daun lingkaran telur hingga lanset melebar, tepi rata alias bergerigi kasar tak teratur, permukaan licin alias sedikit beram…

MANFAAT DAN KHASIAT DAUNN KENTUT BAGI KESEHATAN

Gambar
Daun Kentut (Paederia scandens (Lour.) Merr.)

Sinonim :
= P. chinensis Hance. = P. foetida Auct. = P. foetida, Linn. = P. tomentosa, Bl.

Familia :
Rubiaceae

Uraian :
Herba tahunan, berbatang memanjat, pangkal berkayu, panjang 3-5 m. Tumbuh liar di lapangan terbuka, semak belukar alias di tebing sungai, kadang dirambatkan dipagar halaman sebagai tanaman obat serta bisa ditemukan dari 1-2. 1 00 m dpi. Daun tunggal, bertangkai yg panjangnya 1-5 cm, letak berhadapan, bentuknya lingkaran telur hingga lonjong alias lanset.

Pangkal daun berbentuk jantung, ujung runcing, tepi rata, panjang 3-12,5 cm, lebar 2-7 cm, permukaan atas berambut alias gundul, tulang daun menyirip, jikalau diremas berbau kentut. Bunganya bunga majemuk tersusun dalam malai, keluar dari ketiak daun alias ujung percabangan. Mahkota bunga berwarna putih, tahap dalam tabung berwarna ungu gelap. Buah bulat, warnanya kuning, mengkilap, panjang 4-6 mm. Daun dimakan sebagai Ialab alias disayur. Perbanyakan dengan stek batang alias bi…

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN JINTAN BAGI KESEHATAN

Gambar
Assalamualaikum...
hai, korang sempat dengar daun jintan? daun jinten?..
haa..ni la rupa daun jintan ni. tapi dirinya takde kene mengena dengan jintan hitam, jintan putih tu semua ye..pokok ni rasanya bersumber dari indonesia...kalau tanya orang-orang sana mesti diorang tahu.
pokok ni dah lama aku tanam kat rumah..tapi tidak sempat aku cuba khasiat dia. teman aku yg bagi daun ni. dirinya suruh lempar je kat dalam pasu, kelak tumbuh la..senang sangat dirinya membiak..
nak bagi dirinya gemuk-gemuk, tabur je kepala ngn tahi ikan bilis. gemuk la dia, macam kat rumah aku.

sebelum ni teman aku sempat cerita, asal anak dirinya batuk je dirinya lenyekkan daun ni, amik air daun, then dilute dengan air, then bagi anak minum..insyaAllah sihat, tidak batuk dah...
kalau dirinya batuk, dirinya amik sehelai ke 2 helai ke, lenyek-lenyek, then dirinya minum air tu..

ok, aku pun amik, tanam hingga 2 pasu lagi..
tapi aku tidak sempat cuba...bila maritza batuk je, aku bagi ubat batuk...then batuk maritza pun ok.

MANFAAT, KHASIAT DAUN ENCOK BAGI KESEHATAN DAN PENGOBATAN

Gambar
Daun Encok
(Plumbago zeylanica L.)

Sinonim :
= P. auriculata, Bl. = Tela alba, Lour.

Familia :
Plumbaginaceae

Uraian :
Tumbuhan ini bersumber dari Sri Lanka, kemudian menyebar ke seluruh daerah tropik, tergolong Indonesia serta kepulauan Pasifik. Daun encok tumbuh liar di ladang, di tepi saluran air alias ditanam di pekarangan sebagai pagar nasib serta tempat-tempat lainnya hingga dengan tinggi + 800 m dpi. Perdu tahunan yg menaik, berbatang panjang, tinggi 0,6 - 2 m. Batang berkayu, bulat, licin, beralur, bereabang.

Daun tunggal, letak berseling, bertangkai yg panjangnya 1,5 - 2,5 cm, pangkal tangkai daun agak melebar, memeluk batang. Daun lingkaran telur hingga jorong, panjang 5 - 11 cm, lebar 2 - 5 cm, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi beringgit, pertulangan menyirip, wamanya hijau. Bunga majemuk dalam tandan yg keluar di ujung tangkai, kecil-kecil, berambut, berwarna putih. Buah kecil, lingkaran panjang, tetap belia hijau, seusai tua hitam. Biji kecil, cokelat. Perbanyakan dengan biji a…

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN DAUN DUDUK BAGI KESEHATAN

Gambar
Daun duduk
(Desmodium triquetrum [L.] D.C.)

Sinonim :
= Hedysarm triquetrum, Linn. = Pteroloma triquetrum, Benth. = P. triquetrum, (Linn.), Desv.

Familia :
Papilionaceae (Leguminosae)

Daun duduk (Desmodium triquetrum [L.] D.C.)Sinonim : Hedysarm triquetrum, Linn.; Pteroloma triquetrum, Benth ; P. triquetrum, (Linn.), Desv.
Familia : Papilionaceae (Leguminosae)

Daun duduk bisa ditemukan dari dataran rendah hingga 1.500 m dpl. tumbuh liar di kawasan terbuka dengan cahaya matahari yg lumayan alias sedikit naungan, dan tak begitu kering. Perdu menahun, tumbuh tegak alias menanjak, tinggi 0,5 - 3 m, dengan kaki yg berkayu. Batang bulat, beruas, permukaan kasar, percabangan simpodial, diameter 2 cm, cokelat. Daun tunggal, berseling, berdaun penumpu, tangkai daun bersayap lebar.

Ciri Ciri Daun Duduk (Desmodium triquetrum [L.] D.C.)

Perdu menahunTumbuh tegak alias menanjakTinggi 0,5 - 3 m, dengan kaki yg berkayu.Batang bulat, beruas, permukaan kasar,Percabangan simpodial, diameter 2 cm, cokelat.Daun tu…

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN DAUN DEWAA BAGI KESEHATAN

Gambar
Tanaman yg di Sumatera dinamai beluntas cina , daun yg kuasa dan tigel kio di jawa ini tumbuh tegak, tinggi 30 - 50 cm, kalau agak tua bercabang banyak. Batang lunak berwarna hijau dengan alur memanjang warna trengguli. Daun tunggal, bertangkai, berdaging, berambut lebat, helai daun bulat telor hingga bulat meamanjang, uung tumpul, pangkal meruncing, tepi bertoreh, pertulangan menyirip, warna permukaan atas hijau tua, permukaan bawah hijau muda, daun tua membagi sangat dalam, panjang 8 - 20 cm, lebar 5 - 10 cm. Bunga majemuk bentuk bongkol, keluar dari ujung tangkai, warna kuning. Buah kecil, cokelat. Akar membentuk umbi, warnanya keabu-abuan, panjang 3 - 6 cm, diameter kurang lebih 3 cm. Perbanyakan dengan umbi, tunas anakan, dan setek cabang sekunder.

Sifat dan Khasiat
Daun yg kuasa bersifat manis, tawar, dingin dan sedikit toksik. Berkhasiat sebagai antiradang, pereda demam (antiperik), penghilang nyeri (analgesik), pembersih darah, penyejuk darah dan membuyarkan bekuan darah

Kandunga…