MANFAAT DAN KHASIAT DAUN JINTAN BAGI KESEHATAN


Assalamualaikum...
hai, korang sempat dengar daun jintan? daun jinten?..
haa..ni la rupa daun jintan ni. tapi dirinya takde kene mengena dengan jintan hitam, jintan putih tu semua ye..pokok ni rasanya bersumber dari indonesia...kalau tanya orang-orang sana mesti diorang tahu.
pokok ni dah lama aku tanam kat rumah..tapi tidak sempat aku cuba khasiat dia. teman aku yg bagi daun ni. dirinya suruh lempar je kat dalam pasu, kelak tumbuh la..senang sangat dirinya membiak..
nak bagi dirinya gemuk-gemuk, tabur je kepala ngn tahi ikan bilis. gemuk la dia, macam kat rumah aku.

sebelum ni teman aku sempat cerita, asal anak dirinya batuk je dirinya lenyekkan daun ni, amik air daun, then dilute dengan air, then bagi anak minum..insyaAllah sihat, tidak batuk dah...
kalau dirinya batuk, dirinya amik sehelai ke 2 helai ke, lenyek-lenyek, then dirinya minum air tu..

ok, aku pun amik, tanam hingga 2 pasu lagi..
tapi aku tidak sempat cuba...bila maritza batuk je, aku bagi ubat batuk...then batuk maritza pun ok.

tapi malam tadi, dirinya batuk teruk, hingga muntah-muntah. bagi susu muntah, bagi ubat muntah. semua muntah la..
last-last suami aku bagi idea bagi daun batuk..(sebelum ni aku tidak tau nama daun ni, kitorang dok panggil daun batuk)
aku pun apa lagi...amik 3 helai. 1 aku lenyek-lenyek kan, campur dengan air bagi maritza minum...2 lagi aku lenyek-lenyekkan sapu kat leher ngan dada dia...sejuk agaknya selesa...alhamdulillah dirinya boleh tido, mesikipun selang 3jam lepas tu dirinya bangun minta susu-batuk-muntah lagi...
at least mampu jugak dirinya tido..

pagi ni nekad, cari sumber. betul ke daun ni ubat batuk..jangan racun sudah..
akhirnya jumpa informasi yg meyakinkan....


"Daun jinten tergolong ke dalam flora Labiatae. Tanaman ini dikenal dengan nama tempat bangun - bangun, daun hati - hati, tramun, acerang, mahja cereng serta iwak. Tanaman ini tidak sedikit orang-orang yg tidak tahu akan fungsi kandungannya untuk kesehatan tubuh insan yg sangat tidak sedikit sekali. Berikut penyakit yg mampu disembuhkan serta tutorial penggunaannya dibawah ini.

Penyakit yg Dapat Disembuhkan serta tutorial penggunaanya :

Sariawan
Lima lembar daun segar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang. Daun yg telah bersih lalu dikunyah perlahan - lahan, kemudian airnya diminum.

Demam
Daun segar 7 lembar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang, tumbuk hingga semacam bubur lalu diperas serta disaring, kemudian airnya diminum serta ampasnya digunakan untuk menggosok badan.

Asma serta Batuk
Daun segar 10 lembar cuci bersih serta bilas dengan air matang, tumbuk samapai halus lalu peras serta saring, kemudian airnya ditambahkan wijien serta minum.

Sakit Kepala
Daun segar dicuci bersih lalu dimemarkan, kemudian tempelkan di kepala serta pelipis.

Itulah fungsi serta khasiat daun jinten untuk kesehatan tubuh yg butuh kita ketahui untuk mengobati beberapa penyakit semacam yg tertera diatas sebagai pengobatan tradisional alalmi yg tidak sedikit sekali manfaatnya. Selamat mencobanya semoga bermanfaat."


"Daun Jintan
Nama Latin :
Plectranthus amboinicus (L.) Spreng.
Sinonim : Coleus amboinicus Lour. Coleus aromatica Benth.
Familia : Lamiaceae (Labiatae).


  1. Deskripsi Tanaman
Daun jintan adalah tanaman semak, menjalar. Batang berkayu, lunak, beruas-ruas. Ruas yg menempel di tanah akan tumbuh akar, batang belia berwarna hijau pucat. Daun tunggal, mudah patah, bentuk bundar telur, tebal, tepi beringgit, berabut, panjang 6-7 cm, lebar 5-6 cm, bertulang menyirip, warna hijau muda. Bunga majemuk, berbentuk tandan, mahkota bentuk mangkok warna ungu. Bagian yg Digunakan Seluruh tahap tumbuhan.
   2.  Nama Lokal
Nama SIMPLISIA Plectranthi amboinici Herba; Herba Daun Jintan.
   3.  Penyakit Yang Dapat Diobati
SIFAT KHAS Pedas, menetralkan, serta membersihkan darah. SIFAT KHAS Pedas, menetralkan, serta membersihkan darah. PENELITIAN Ifiwati Wibowo,1992. Fakultas Farmasi, WIDMAN. Pembimbing: Dra. Dien Ariani L. serta dr. Irwan S. Telah melakukan penelitian daya antibakteri ekstrak Daun Jintan kepada kuman gram negatif dari penderita infeksi saluran kemih. Dari yg akan terjadi penelitian tersebut, nyatanya ekstrak Daun Jintan mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. coli mulai konsentrasi 1,2 gr/ml serta bakteri P. mirabilis mulai konsentrasi 1,0 g/ml.
   4.  Khasiat
Daun Jintan bermanfaat untuk -Asma. -Batuk. -Bayi muntah. -Bronkhitis. -Demam. -Mulas. -Pencernaan tidak baik. -Radang saluran kandung kemih. -Sariawan perut. -Sakit kepala. RAMUAN DAN TAKARAN Batuk Ramuan: Daun Jintan segar 7 helai Air 100 ml Cara pembuatan: Dibuat infus alias diseduh. Cara pemakaian: Diminum 2 kali sehari, pagi serta sore, tiap kali minum 100 ml. Lama pengobatan: Diulang selagi 14 hari. Sariawan Perut (Panas Dalam) Ramuan: Daun Jintan segar 1 gram Daun Saga segar 3 gram Herba Pegagan segar 3 gram Daun Sirih segar 3 helai Kulit Kayu Turi 4 gram Air 110 ml Cara pembuatan: Dibuat infus alias dipipis. Cara pemakaian: Diminum 1 kali sehari 100 ml (infus). Apabila dibangun pipisan diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir. Lama pengobatan: Diulang selagi 7 hari. Bayi Muntah Kalau bayi tidak jarang muntah serta tetap menyusui pada ibunya. Muntah tersebut dikarenakan sebab ibunya makan makanan yg amis semacam ikan, udang, dll. Ramuan: Daun Jintan segar 2 helai Cara pemakaian: Untuk mengobati faktor tersebut, ibunya sebaiknya mengunyah Daun Jintan serta cairannya ditelan. Lama pengobatan: 3 kali sehari, pagi, siang, serta sore hari, tiap kali 2 helai Daun jintan yg tetap segar. Sakit Kepala Ramuan: Daun Jintan segar 2 helai Daun Legundi segar 2 helai Rimpang Jahe merah 1 rimpang Rimpang Bangle secukupnya Air secukupnya Cara pembuatan: Dipipis hingga berbentuk pasta. Cara pemakaian: Dioleskan ke pelipis serta di belakang telinga. Bila ada, mampu ditambahkan minyak kelonyo.
  5. Kandungan
Minyak atsiri, mengandung fenol, serta senyawa kalium."


insyaAllah, lepas ni boleh cuba lagi..dah yakin. :)

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN SENNA DAN DAUN MADU BAGI KESEHATAN

MANFAAT, KHASIAT DAUN ENCOK BAGI KESEHATAN DAN PENGOBATAN

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SENDOK BAGI PENGOBATAN