Posts

Showing posts from October, 2018

MANFAAT DAUN SENNA DAN DAUN MADU BAGI KESEHATAN

Image
Manfaat Dan Khasiat Daun Senna (Cassia angustifolia Vahl.)
Daun Senna
(Cassia angustifolia Vahl.)

Sinonim :
--
Familia :

Uraian :
Semak rendah, tinggi hingga 1,5 m. Daun majemuk menyirip genap (tanpa anak daun ujung), mempunyai 3-7 pasang helai, menyempit alias membulat, hijau terperinci hijau kekuningan. Bunga lengkap dan sempurna, berbilangan lima, bersimetri tunggal. Kelopak mempunyai 5 daun kelopak. Daun mahkota kuning dengan urat coklat, 5 buah, susunan sirap. Benang sari mempunyai tahap steril (staminodia). Buah elips lebar, kadang bentuk ginjal, pipih, buah masak pecah, panjang 4-7cm dengan lebar 2 cm, biji 6- 10 perbuah.
Nama Lokal :
--
Penyakit Yang Dapat Diobati :
EFEK BIOLOGI DAN FARMAKOLOGI Fraksi polisakarida daun Cassia angustifolia yg diuji dengan allogenic tumor Sarcoma-180 pada mencit, berefek positif dalam penghambatan pertumbulian Sarcoma-180. Senosida A dalam tubuh akan mengalami sebuah reaksi hidrolisis enzimatik dan reduksi oleh bakteri tumbuhan usus (Entamoeba col…

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SENDOK BAGI PENGOBATAN

Image
Manfaat Dan Khasiat Daun Sendok (Plantago mayor L.)

Daun Sendok (Plantago mayor L.)

Sinonim :
= P.asiatica, Linn. = P.crenata, Blanco. = P.depressa, Willd. = P.erosa, Wall. = P.exaltata, Horn. = P.hasskarlii Decne. = P.incisa, Hassk. = P.loureiri, Roem. et Schult. = P.media, Blanco.

Familia :
Planfaginaccae

Uraian :
Daun sendok adalah gulma di perkebunan teh dan karet, alias tumbuh liar di hutan, ladang, dan halaman berumput yg agak lembap,kadang ditanam dalam pot sebagai flora obat. Tumbuhan ini bersumber dari daratan Asia dan Eropa, mampu ditemukan dari dataran rendah hingga ketinggian 3.300 m dpl. Tumbuhan obat ini tersebar luas di dunia dan sudah dikenal semenjak dahulu kala dan adalah salah satu dari 9 turnbuhan obat yg dianggap sakral di Anglo Saxon.

Terna menahun, tumbuh tegak, tinggi 15 - 20 cm. Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar. Bentuk daun lingkaran telur hingga lanset melebar, tepi rata alias bergerigi kasar tak teratur, permukaan licin alias sedikit b…

MANFAAT DAN KHASIAT DAUNN KENTUT BAGI KESEHATAN

Image
Daun Kentut (Paederia scandens (Lour.) Merr.)

Sinonim :
= P. chinensis Hance. = P. foetida Auct. = P. foetida, Linn. = P. tomentosa, Bl.

Familia :
Rubiaceae

Uraian :
Herba tahunan, berbatang memanjat, pangkal berkayu, panjang 3-5 m. Tumbuh liar di lapangan terbuka, semak belukar alias di tebing sungai, kadang dirambatkan dipagar halaman sebagai tanaman obat serta bisa ditemukan dari 1-2. 1 00 m dpi. Daun tunggal, bertangkai yg panjangnya 1-5 cm, letak berhadapan, bentuknya lingkaran telur hingga lonjong alias lanset.

Pangkal daun berbentuk jantung, ujung runcing, tepi rata, panjang 3-12,5 cm, lebar 2-7 cm, permukaan atas berambut alias gundul, tulang daun menyirip, jikalau diremas berbau kentut. Bunganya bunga majemuk tersusun dalam malai, keluar dari ketiak daun alias ujung percabangan. Mahkota bunga berwarna putih, tahap dalam tabung berwarna ungu gelap. Buah bulat, warnanya kuning, mengkilap, panjang 4-6 mm. Daun dimakan sebagai Ialab alias disayur. Perbanyakan dengan stek batang alia…

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN JINTAN BAGI KESEHATAN

Image
Assalamualaikum...
hai, korang sempat dengar daun jintan? daun jinten?..
haa..ni la rupa daun jintan ni. tapi dirinya takde kene mengena dengan jintan hitam, jintan putih tu semua ye..pokok ni rasanya bersumber dari indonesia...kalau tanya orang-orang sana mesti diorang tahu.
pokok ni dah lama aku tanam kat rumah..tapi tidak sempat aku cuba khasiat dia. teman aku yg bagi daun ni. dirinya suruh lempar je kat dalam pasu, kelak tumbuh la..senang sangat dirinya membiak..
nak bagi dirinya gemuk-gemuk, tabur je kepala ngn tahi ikan bilis. gemuk la dia, macam kat rumah aku.

sebelum ni teman aku sempat cerita, asal anak dirinya batuk je dirinya lenyekkan daun ni, amik air daun, then dilute dengan air, then bagi anak minum..insyaAllah sihat, tidak batuk dah...
kalau dirinya batuk, dirinya amik sehelai ke 2 helai ke, lenyek-lenyek, then dirinya minum air tu..

ok, aku pun amik, tanam hingga 2 pasu lagi..
tapi aku tidak sempat cuba...bila maritza batuk je, aku bagi ubat batuk...then batuk maritza…

MANFAAT, KHASIAT DAUN ENCOK BAGI KESEHATAN DAN PENGOBATAN

Image
Daun Encok
(Plumbago zeylanica L.)

Sinonim :
= P. auriculata, Bl. = Tela alba, Lour.

Familia :
Plumbaginaceae

Uraian :
Tumbuhan ini bersumber dari Sri Lanka, kemudian menyebar ke seluruh daerah tropik, tergolong Indonesia serta kepulauan Pasifik. Daun encok tumbuh liar di ladang, di tepi saluran air alias ditanam di pekarangan sebagai pagar nasib serta tempat-tempat lainnya hingga dengan tinggi + 800 m dpi. Perdu tahunan yg menaik, berbatang panjang, tinggi 0,6 - 2 m. Batang berkayu, bulat, licin, beralur, bereabang.

Daun tunggal, letak berseling, bertangkai yg panjangnya 1,5 - 2,5 cm, pangkal tangkai daun agak melebar, memeluk batang. Daun lingkaran telur hingga jorong, panjang 5 - 11 cm, lebar 2 - 5 cm, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi beringgit, pertulangan menyirip, wamanya hijau. Bunga majemuk dalam tandan yg keluar di ujung tangkai, kecil-kecil, berambut, berwarna putih. Buah kecil, lingkaran panjang, tetap belia hijau, seusai tua hitam. Biji kecil, cokelat. Perbanyakan dengan b…

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN DAUN DUDUK BAGI KESEHATAN

Image
Daun duduk
(Desmodium triquetrum [L.] D.C.)

Sinonim :
= Hedysarm triquetrum, Linn. = Pteroloma triquetrum, Benth. = P. triquetrum, (Linn.), Desv.

Familia :
Papilionaceae (Leguminosae)

Daun duduk (Desmodium triquetrum [L.] D.C.) Sinonim : Hedysarm triquetrum, Linn.; Pteroloma triquetrum, Benth ; P. triquetrum, (Linn.), Desv.
Familia : Papilionaceae (Leguminosae)

Daun duduk bisa ditemukan dari dataran rendah hingga 1.500 m dpl. tumbuh liar di kawasan terbuka dengan cahaya matahari yg lumayan alias sedikit naungan, dan tak begitu kering. Perdu menahun, tumbuh tegak alias menanjak, tinggi 0,5 - 3 m, dengan kaki yg berkayu. Batang bulat, beruas, permukaan kasar, percabangan simpodial, diameter 2 cm, cokelat. Daun tunggal, berseling, berdaun penumpu, tangkai daun bersayap lebar.

Ciri Ciri Daun Duduk (Desmodium triquetrum [L.] D.C.)

Perdu menahunTumbuh tegak alias menanjakTinggi 0,5 - 3 m, dengan kaki yg berkayu.Batang bulat, beruas, permukaan kasar,Percabangan simpodial, diameter 2 cm, cokelat…

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN DAUN DEWAA BAGI KESEHATAN

Image
Tanaman yg di Sumatera dinamai beluntas cina , daun yg kuasa dan tigel kio di jawa ini tumbuh tegak, tinggi 30 - 50 cm, kalau agak tua bercabang banyak. Batang lunak berwarna hijau dengan alur memanjang warna trengguli. Daun tunggal, bertangkai, berdaging, berambut lebat, helai daun bulat telor hingga bulat meamanjang, uung tumpul, pangkal meruncing, tepi bertoreh, pertulangan menyirip, warna permukaan atas hijau tua, permukaan bawah hijau muda, daun tua membagi sangat dalam, panjang 8 - 20 cm, lebar 5 - 10 cm. Bunga majemuk bentuk bongkol, keluar dari ujung tangkai, warna kuning. Buah kecil, cokelat. Akar membentuk umbi, warnanya keabu-abuan, panjang 3 - 6 cm, diameter kurang lebih 3 cm. Perbanyakan dengan umbi, tunas anakan, dan setek cabang sekunder.

Sifat dan Khasiat
Daun yg kuasa bersifat manis, tawar, dingin dan sedikit toksik. Berkhasiat sebagai antiradang, pereda demam (antiperik), penghilang nyeri (analgesik), pembersih darah, penyejuk darah dan membuyarkan bekuan darah

Kandun…

MANFAAT, KAHASIAT TANAMAN DARUJU DAN DADAP AYAM BAGI KESEHATAN DAN PENGOBATAN

Image
Manfaat Dan Khasiat Tanaman Daruju (Acanthus ilicifolius L.)
Daruju
(Acanthus ilicifolius L.)

Sinonim :
A. doloariu Blanco., A. ebracteatus Val., A. volubilis Wall., Dilivaria ilicifolia Nees. (Juss. ).

Familia :
acanthaceae.

Uraian :
Daruju tumbuh liar di kawasan pantai, tepi sungai, dan tempattempat lain yg tanahnya berlumpur dan berair payau. Semak tahunan, berbatang basah, tumbuh tegak alias berbaring pada pangkalnya, tinggi 0,5-2 m, berumpun banyak. Batang lingkaran silindris, agak lemas, permukaan licin, berwarna kecokelatan, berduri panjang dan runcing. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang.

Helaian daun berbentuk memanjang alias lanset, pangkal dan ujung runcing, tepi bercangap menyirip dengan ujung-ujungnya berduri tempel, panjang 9-30 cm, lebar 4-12 cm. Bunga majemuk berkumpul dalam bulir yg panjangnya 6-30 cm, keluar dari ujung batang, mahkota bunga berwarna ungu kebiruan. Buahnya berupa buah kotak, lingkaran telur, panjang ± 3 cm, berwarna cokelat keh…

MANFAAT TANAMAN DANDANG GENDIS BAGI KESETAN DAN PENGOBATAN

Image
Tanaman Dandang Gendis. Nama dandang gendis dalam masyarakat Jawa merupakan nama yg memberikan sesuatu yg manis. Tetapi untuk tanaman dandang gendis faktor ini tak berarti tanaman ini rasanya manis, hanya saja nyatanya kegunaaan tanaman ini dapat untuk pengobatan penyakit gula alias diabetes. Tanaman dandang gendis dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pagar dan mempunyai syarat tumbuh baik dengan sinar matahari yg cukup

Tanaman Dandang Gendis dikenal mempunyai tak sedikit nama dan mempunyai sebutan yg berbeda-beda pada masing-masing daerah. Nama dandang gendis sendiri merupakan sebutan untuk tanaman ini di kawasan Jawa sedangkan didaerah-daerah lain sebutan untuk dandang gendis antara lain Ki tajam (sunda), nama asing Clinacanthi nutans Folium, sinonimnya Clinacanthus burmani Nees. Tanaman dandang gendis dalam pembagian terstruktur mengenai ilmiah tergolong dalam Familia Achantaceae. Kandungan Kimia Tanaman Dandang Gendis Adalah Alkaloid, Saponin, dan Minyak Atsiri. .

Tanaman dandang ge…

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN CIPLUKAN BAGI KESEHATAN, PENGOBATAN

Image
Pasti tak sedikit yg tahu foto tanaman apa di atas. Kalau ada yg menjawab ciplukan berarti benar, alias cecendet juga benar. Tapi sepertinya tak sedikit juga yg tak tahu tipe tanaman apa itu ciplukan alias cecendet. Tanaman ciplukan terbukti tergolong tanaman yg langka, apalagi di kota mungkin telah tak ada, sebab biasanya tanaman ini memerlukan tanah yg subur di musin penghujan dan juga merupakan tanaman yg liar. Terkadang kita meremehkan tanaman liar yg ada di sekitar lingkungan kita, tergolong diantaranya tanaman ciplukan. Padahal kegunaaan yg ada pada mereka benar-benar banyak. Tanaman ciplukan, tidak hanya berbuntut mempunyai rasa manis yg khas tarnyata tanaman ini juga mempunyai kegunaaan yg sangat tak sedikit bagi kesehatan.
Di bawah ini kita akan mengetahui sedikit lebih jauh mengenai tanaman ciplukan:
Klasifikasi: Ciplukan disebut Physallis peruvianaL., alias Physallis angulata Linn. alias Physallis minina Linn. tergolong ke dalam famili flora Solanaceae.
Nama perdagangan : …

MANFAAT, KHAISAT DAUN CINCAU BAGI KESEHATAN DAN PENGOBATAN

Image
Kali ini Herbal Sehat dan Halal mengetengahkan Manfaat dari Daun Cincau. Kata cincau bersumber dari dialek Hokkian sienchau (xiancao) yg lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Arti dari cincau menurut bahasa sumbernya merupakan nama flora (Mesona sp) yg notabene menjadi bahan mutlak pembuatan jeli untuk minuman/sirup.
Tumbuhan penghasil cincau bermacam-macam, di antaranya adalah:

Tumbuhan dari genus Mesona, terutama M. procumbens, M. chinensis yg tidak sedikit diproduksi di Tiongkok tahap selatan dan Indocina, alias M. palustris yg tidak sedikit dipakai di Indonesia, menghasilkan cincau hitam. Cylea barbata Myers alias cincau hijau, menghasilkan cincau berwarna hijau dan agak lebih padat konsistensinya. Melasthoma polyanthum alias cincau perdu.

Cylea barbata Myers alias cincau hijau lebih dikenal dan disukai di Indonesia sebab mempunyai struktur yg lebih kenyal dan lebih tidak sedikit manfaatnya.

Deskripsi Daun Cincau
Tumbuhan Cincau (Cylea barbata) tergolong flora ber…

MANFAAT DAN KHASIAT CEREMAI UNTUK KESEHATAN DAN PENGOBATAN

Image
Manfaat Ceremai untuk pengobatan
Ceremai
(Phyllanthus acidus [L.] Skeels.)

Sinonim :
= P.distichus Muell. Arg. = P.cicca Muell. Arg., = Cicca disticha, Linn. = C.nodiflora.

Familia :
Euphorbiaccae


Uraian :
Pohon ini bersumber dari India, mampu turnbuh pada tanah ringan hingga berat serta tahan akan kekurangan alias kelebihan air. Ceremai tak sedikit tanam orang-orang di halaman, di ladang serta daerah lain hingga ketinggian 1.000 m dpl. Pohon kecil, tinggi hingga 10 m, kadang lebih. Percabangan banyak, kulit kayunya tebal. Daun tunggal, bertangkai pendek, tersusun dalam tangkai membentuk rangkaian semacam daun majemuk. Helai daun lingkaran telur hingga jorong, ujung runcing, pangkal tumpul hingga bundar, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan licin tak berambut, panjang 2 - 7 cm, lebar 1,5 - 4 cm, warna hijau muda. Tangkai kalau gugur akan meninggalkan bekas yg nyata pada cabang. Perbungaan berupa tandan yg panjangnya 1,5 - 12 cm, keluar di sepanjang cabang, kelopak bentuk bintang…

MANFAAT CENGKEH UNTUK KESEHATAN DAN PENGOBATAN

Image
Cengkeh
(Syzygium aromaticum (L.)
Merr. & L. M. Perry )
KLASIFIKASI
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)           
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)             
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)                   
Sub Kelas: Rosidae                   
Ordo: Myrtales                           
Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)                               
Genus: Syzygium                                   
Spesies: Syzygium aromaticum (L.) Merr. & L. M. Perry



Cengkeh tergolong tipe flora perdu yg bisa mempunyai batang pohon besar dan berkayu keras. Cengkeh sanggup bersi kukuh nasib puluhan bahkan hingga ratusan tahun, tingginya bisa mencapai 20-30 meter dan cabang-cabangnya lumayan lebat. Cabang-cabang dari flora cengkeh tersebut pada umumnya panjang dan dipenuhi oleh ranting-ranting kecil yg mudah patah. Mahkota alias juga lazim disebut tajuk pohon cengkeh…